28 September 2016

Manisan Terong - Makanan Khas Bengkulu


Siapa yang tak kenal dengan terong, tumbuhan yang masuk ke dalam golongan sayur-sayuran ini kaya akan gizi dan banyak disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia.
Begitu banyaknya orang yang menyukai buah ini menyebabkan terong mengalami banyak perkembangan. Kini terong pun bisa diolah menjadi berbagai macam penganan seperti selai terong dan dodol terong. Di Bengkulu, terong bahkan dijadikan makanan khas yang diolah menjadi manisan.
Biasanya terong yang kita jumpai sering diolah menjadi makanan pendamping lauk pauk dan dimakan dengan Nasi Putih. Akan tetapi berkat usaha kreatif masyarakat Bengkulu, terong panjang yang bewarna ungu ini dapat diolah menjadi cemilan yang berasa manis.
Manisan terong jika dilihat dari bentuknya yang kehitam-hitaman dan lembut ini hampir menyerupai buah kurma dan setelah dicicip pun rasanya tidak jauh beda dengan kurma yang sering kita temui dipasaran. Rasa manis menggigit dan lembut dilidah pasti akan terheran-heran ketika mencicipi manisan ini.
Hasil olahan manisan terong kini dapat digunakan sebagai oleh-oleh khas dari Bengkulu dan bagi para wisatawan yang ingin membelinya, cukup datang ke sentra oleh-oleh di jalan Anggut Atas Kota Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar